Laman

Selamat Datang...

Kepada para Kenari Mania, baik yg masih pemula maupun yg sudah tingkat profesional, mari kita saling sharing pengalaman, ilmu dan segala macam seluk beluk per-kenari-an.

Terima kasih atas kunjungannya, mohon kritik, saran dan petunjuk demi kesempurnaan blog ini.

Senin, 25 Juni 2012

Telur gagal tetas

TELUR GAGAL TETAS


Penyebab telur kenari yang gagal menetas diantaranya karena stres, begitu pula jika penyakit hinggap pada burung kenari indukan setelah proses kawin.


  • Kondisi/stamina: kondisi burung yang terlalu capek akibat terlalu terforsir untuk kawin atau kontes bisa jadi malah menimbulkan masalah baru, beberapa hal ditengarai terjadinya egg binding dapat dipicu karena kondisi induk betina yang terlalu letih untuk mengeluarkan telur-telur dari rahimnya. Sedangkan pada indukan jantan stamina yang terkuras dan tidak fit juga turut mempengaruhi kualitas sperma.
  • Kondisi lingkungan yang tidak nyaman, terlalu berisik di sekelilingnya, apalagi kalau ternyata masalah binatang pengganggu kurang kita perhatikan, misal semut, cicak, tikus; Semua ini mengakibatkan kenari tidak nyaman dan stress.

  • Masih terkait dengan daya tetas telur bahwa ada hal yang paling mendasar yang tidak bisa ditinggalkan yaitu masalah Gizi. Kebutuhan akan vitamin, mineral dan zat-zat yang dibutuhkan oleh burung kenari melalui pakan, suplemen, penjemuran dan kebersihan harus terpenuhi secara baik sebelum masa produktif itu tiba. Hal ini juga juga tidak bisa diselenggarakan dan mempunyai efek yang tiba-tiba/instan melainkan butuh proses untuk menanganinya. Ini sekaligus menjelaskan fenomena indukan yang tidak mau ngisi dimana seringkali antara gizi dan kematangan hormon tidak ada kesinambungan bahkan ditemui beberapa burung yang dipaksakan kawin sebelum benar-benar dalam kondisi puncak.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar